VISI

Dalam rangka melaksanakan agenda pembangunan RPJMN 2020-2024 dan menjalankan amanah sesuai tugas dan fungsinya, pada tahun 2020-2024 Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional menetapkan visi sebagai berikut:

“Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional yang andal, professional, inovatif dan berintegritas dalam pelayanan kepada Presiden dan Wakil Presiden untuk mewujudkan Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden : Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian berlandaskan Gotong Royong”

Kemampuan invensi dan inovasi dimaksudkan untuk menghasilkan produk hasil riset yang dilaksanakan dan inovasi yang berpotensi , sedangkan kemampuan iptek dan inovasi dimaknai sebagai keahlian SDM dan lembaga litbang serta perguruan tinggi dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan iptek yang ditunjang oleh pembangunan faktor input (kelembagaan, sumber daya, dan jaringan).

Sementara itu, makna daya saing bangsa adalah kontribusi iptek dan pendidikan tinggi dalam perekonomian yang ditunjukkan oleh keunggulan produk teknologi hasil litbang yang dihasilkan oleh industri/perusahaan yang didukung oleh lembaga litbang (LPNK, LPK, Badan Usaha, dan Perguruan Tinggi) dan SDM yang berkarakter unggul dan berwawasan kebangsaan.

 

MISI

Sebagai upaya untuk mewujudkan visi tersebut di atas, misi Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional adalah:

Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional melaksanakan Misi Presiden dan Wakil Presiden :

  1. Peningkatan Kualitas Manusia Indonesia,
  2. Peningkatan Struktur Ekonomi yang Produktif, Mandiri, dan Berdaya Saing,
  3. Pembangunan yang Merata dan Berkeadilan,
  4. Mencapai Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan,
  5. Kemajuan Budaya yang Mencerminkan Kepribadian Bangsa, dan
  6. Pengelolaan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, dan Terpercaya,

dengan uraian sebagai berikut:

  1. Peningkatan Kapabilitas IPTEK, Budaya Riset, dan Penciptaan Inovasi melalui peningkatan Kualitas SDM IPTEK, Penguatan Transformasi Ekonomi, dan Pembangunan Berkelanjutan berlandaskan Budaya Iptek untuk Peningkatan Daya Saing.
  2. Peningkatan Pengelolaan Pemerintahan yang Bersih, Efektif, dan Terpercaya

Misi ini mencakup upaya menjawab permasalahan pembangunan iptek dan pada periode 2020-2024 dalam aspek kebijakan riset dan inovasi, kerjasama pembangunan dan kemitraan, peningkatan penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan Iptek pada beberapa fokus prioritas riset dan inovasi nasional, serta peningkatan tata kelola pemerintaha yang baik dalam rangka reformasi birokrasi.

 

TUJUAN STRATEGIS

Dalam rangka mencapai visi dan misi Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional seperti yang dikemukakan di atas, maka visi dan misi tersebut dirumuskan ke dalam bentuk yang lebih terarah dan operasional berupa perumusan tujuan strategis (strategic goals).

Dalam rangka memecahkan permasalahan yang dihadapi seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya serta dalam rangka mewujudkan visi dan melaksanakan misi Kemenristek/BRIN, maka tujuan strategis yang harus dicapai adalah:

  1. Meningkatkan Produktivitas Invensi dan Inovasi untuk Daya Saing
  2. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dalam Rangka Reformasi Birokrasi

 

SASARAN STRATEGIS

Tujuan strategis di atas dijabarkan dalam 3 (tiga) sasaran strategis sesuai dengan permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan dalam kurun waktu 2020-2024. Dengan demikian, sasaran strategis Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional pada periode 2020-2024 adalah:

  1. Meningkatnya Produktivitas Invensi dan Inovasi untuk Memperkuat Transformasi Ekonomi yang Berdayasaing dan Berkelanjutan.
  2. Meningkatnya Tata Kelola Pemerintahan yang Baik Dalam Rangka Reformasi Birokrasi