SIARAN PERS
KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI/BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor: 142/SP/HM/BKKP/IX/2020

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional beserta seluruh Kepala LPNK di lingkungan Kemenristek/BRIN kembali menghadiri Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI dengan agenda Penetapan Rencana Kerja dan Anggaran-Kementerian/Lembaga (RKA-K/L) TA 2021 pada Kamis (10/09).

Rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno dan bersifat terbuka untuk umum ini menghasilkan beberapa kesepakatan antara Kemenristek/BRIN dengan Komisi VII DPR RI. Dalam rangka peningkatan paket kegiatan Teknologi untuk Masyarakat dan Penguatan Talenta Inovasi Indonesia, Kemenristek/BRIN dengan Komisi VII DPR RI sepakat untuk melakukan realokasi anggaran pada RAPBN TA 2021.

Meski dilakukan realokasi anggaran, pagu anggaran Kemenristek/BRIN tidak mengalami perubahan. Berdasarkan Surat Bersama Menteri Keuangan No.S-692/MK.02/2020 dan Menteri PPN/Kepala Bappenas No.B.636/M.PPN/D.8/KU.01.01/08/2020 tentang Pagu Anggaran K/L dan Penyelesaian RKA-K/L Tahun Anggaran 2021, Kemenristek/BRIN mendapat alokasi pagu anggaran sebesar Rp 2,787 Triliun untuk tahun 2021.

Selain menyepakati realokasi anggaran pada RAPBN Kemenristek/BRIN untuk tahun 2021, Komisi VII DPR RI juga mendukung usulan tambahan alokasi anggaran Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tahun 2021. Tambahan alokasi anggaran yang diusulkan BPPT ini berupa Prasarana Inovasi Teknologi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan sebesar Rp 550 Miliar. Selain itu juga BPPT mengusulkan realokasi anggaran Penguatan dan Pengembangan Ina-TEWS berupa Inovasi Teknologi Penanggulangan Dampak Pandemi COVID-19 sebesar Rp 100 Miliar.

Dalam kesempatan yang sama Kemenristek/BRIN juga mendapat dukungan dari Komisi VII DPR RI atas usulan peningkatan dana abadi penelitian tahun 2021. Kemenristek/BRIN mengusulkan kenaikan dana abadi penelitian yang semula Rp 3 Triliun menjadi sebesar Rp 5 Triliun atau sama seperti dana abadi penelitian pada tahun 2020.

Turut hadir dalam rapat kerja Plt. Sekretaris Kemenristek/Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito; Kepala BPPT Hammam Riza; Kepala LIPI Laksana Tri Handoko; Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin; Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan; Plt. Kepala BIG Muhtadi Ganda Sutrisna; dan Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto.

Fajar R Dewantara, Ayu Pravita, Masluhin Hajaz
Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN