ASEAN Committee on Science, Technology and Innovation (COSTI) bekerja sama dengan The United States Agency for International Development (USAID) dan Underwriters Laboratories (UL) memperkuat Sains dan Teknologi di regional ASEAN serta kesetaraan gender melalui program penghargaan “Underwriters Laboratories-ASEAN-U.S. Science Prize for Women 2021”. Program penghargaan Science Prize for Women 2021 ini ditujukan kepada peneliti perempuan Menengah dan Senior (Mid-career dan Senior Scientists) Nasional ASEAN.

Kurangnya akses air bersih bagi masyarakat di seluruh dunia yang mengkhawatirkan, di antaranya sekitar 13% berada di kawasan Asia Tenggara, serta udara yang tercemar akibat cepatnya urbanisasi, kebakaran hutan dan pembakaran fosil yang mempengaruhi kualitas hidup masyarakat, menjadi latar belakang program penghargaan Underwriters Laboratories-ASEAN-U.S. Science Prize for Women 2021 memfokuskan pada isu Clean Water and Clean Air. Program penghargaan ini terbuka bagi peneliti perempuan dari perguruan tinggi, lembaga penelitian pemerintah dan sektor swasta serta aktivis lingkungan dari Civil Society Organization (CSO) atau Non-Government Organizations (NGO).

Pendaftaran dan penyampaian aplikasi program penghargaan ini dibuka hingga tanggal 15 Maret 2021. Pemenang masing-masing kategori akan mendapatkan pengakuan atas pencapaiannya, serta berhak menerima penghargaan uang tunai sejumlah $15.000 untuk kategori Peneliti Senior dan $10.000 untuk kategori Peneliti Menengah.

Informasi lebih lanjut dan submisi aplikasi dapat mengunjungi laman: https://scienceprize4women.asean.org/ .
Informasi mengenai program penghargaan dapat disampaikan melalui alamat surel: kerjasama@ristekbrin.go.id.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset Inovasi Nasional
Gedung B.J. Habibie Lantai 18
Jl. MH. Thamrin No. 8, Jakarta 10340