INFORMASI  PELAKSANAAN SELEKSI KONSULTAN INDIVIDU

Research and Innovation in Science and  Technology Project (RISET-Pro)

Nomor: B/033/POKJA/PL.01.00/2020

Project Management Office (PMO) of Research and Innovation in Science and Technology (RISET) Project yang selanjutnya disebut pengguna jasa bermaksud mengundang penyedia jasa konsultan individual:

  1. Web Content;

Untuk mengikuti seleksi pekerjaan pengadaan Konsultan Individual yang dibiayai oleh Loan IBRD Number 8245-ID.

Penyedia Jasa Konsultan Individual yang berminat dapat mengirimkan dokumen sebagai berikut :

  1. Surat Pernyataan Minat pada paket pekerjaan yang dipilih;
  2. Curriculum Vitae;
  3. Ijazah pendidikan terakhir asli atau salinan yang telah dilegalisasi;
  4. Tanggapan terhadap Term of Reference (terlampir)

Dokumen tersebut dapat dikirim dalam format .pdf ke email: ulp@ristekbrin.go.id paling lambat tanggal 10 Juli 2020 pukul 23.59 WIB, diutamakan yang sudah memiliki pengalaman melaksanakan projek yang dibiayai oleh World Bank.

Seleksi akan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dalam Guidelines on Selection and Employment of Consultants under IBRD Loans and IDA Credits & Grants by World Bank Borrowers dated January 2011.

Konsultan yang berminat dapat memperoleh informasi lebih lanjut terkait Kerangka Acuan Kerja (Term of Reference) terlampir dalam surat ini. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung Sdr. Eka Gandara (081285041629), Doni Dwi H (08179327769), Hanief Arief (082155441939).

Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa

Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset Inovasi dan Nasional

Terms of Reference untuk Konsultan Web Content

1.      Latar Belakang

RISET-Pro adalah salah satu program pemerintah Indonesia yang dananya bersumber dari IDA Credit dan Pemerintah Indonesia. Kegiatan RISET terbagi ke dalam 4 kategori kegiatan yaitu (1) kategori 1-Peningkatan  kerangka  kerja  kebijakan  inovasi  dan  kinerja  lembaga litbang Iptek, (2) kategori 2-studi kelayakan lembaga pendanaan riset dan penguatan tata kelola Program Insinas, (3) kategori 3-peningkatan kapasitas SDM iptek, dan (4) kategori 4-manajemen proyek

Pada tahun 2016 telah dilakukan pengembangan web-database and web-database Integrator system. Sebagai tindak lanjut dari pengembangan tersebut, maka mulai tahun 2017 dirasa perlu untuk menugaskan satu orang tenaga konsultan Web Content yang akan  menerbitkan artikel atau berita-berita yang akan ditayangkan di WEB. 

Tahun 2020 adalah tahun penutup RISET Pro, sehingga perlu dilakukan publikasi, pemberitaan dan diseminasi seluruh output dari seluruh komponen RISET Pro seperti hasil rekomendasi, kajian, publikasi ilmiah para alumni, hasil penelitian dan inovasi alumni dan kegiatan-kegiatan proyek lainnya sehingga dapat menunjukkan kebermanfaatan dan keberhasilan proyek ke pada masyarakat luas, sehingga dibutuhkan Web Content yang handal dalam menuliskan out put tersebut. Penugasan Web Content akan melengkapi tim web untuk memastikan berita berita yang ditayangkan disajikan dalam kalimat yang memenuhi syarat jurnalistik dan keilmuan.

2.      Tujuan Penugasan

Tujuan umum dari penugasan ini adalah untuk melakukan dan menulis peliputan dan mengumpulkan jurnal ilmiah, hasil penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan pegawai pelajar dan alumni Riset Pro untuk meningkatkan kinerja tayangan Web RISET Pro yang up to date dalam bahasa Indonesia dan Inggris secara menarik dan mudah dimengerti

3.      Lingkup Kegiatan

Konsultan bertanggung jawab untuk:

  1. Bersama Web Editor dan Content berkonsultasi dengan Ketua PMO untuk menentukan berita-berita yang akan ditayangkan di WEB;
  2. Melakukan peliputan atau wawancara kepada berbagai nara sumber, pegawai pelajar dan alumni untuk membuat artikel untuk ditayangkan di WEB bekerjasama dengan konsultan editor web content;
  3. Menuliskan hasil liputan atau wawancara dengan foto-foto menarik untuk diedit oleh  konsultan editor web content yang akan ditayangkan di WEB, baik yang diterima dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.
  4. Mengumpulkan jurnal ilmiah, hasil penelitian, pengembangan, pengkajian dan penerapan pegawai pelajar atau alumni RISET Pro.
  5. Menyusun laporan bulanan dan laporan akhir.
  6. Melakukan updating data setiap hari sesuai perkembangan informasi dan data.
  7. Melaksanakan tugas lain dari Ketua PMO.

4.      Kualifikasi

Umum : Kemapuan Bahasa Inggris tertulis dan lisan sangat baik, fotographie dan video shooting

  • Strata 2 ( S2 )
  • Memiliki pengalaman dalam  peliputan atau wawancara, penyusunan laporan atau liputan atau wawancara selama minimal 4 tahun.
  • Selfstarter, memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Lulusan S2 dari Universitas ternama .
  • Strata 1 (S1)
  • Memiliki pengalaman dalam peliputan atau wawancara,  penyusunan laporan atau liputan atau wawancara selama minimal 6 tahun.
  • Selfstarter, memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Lulusan S1 dari Universitas yang  ternama.

5.      Hasil Yang Diharapkan

Penugasan ini dilakukan untuk menghasilkan peliputan atau wawancara pada WEB yang memenuhi kaidah jurnalistik dan keilmuan dengan ilustrasi foto atau gambar yang menarik.

6.      Durasi Kontrak

Setelah ditandatangani kontrak sampai dengan Desember 2020 melalui evaluasi dan persetujuan Bank Dunia untuk Procurrement Plan.

7.      Sumber Dana

DIPA Kemenristek/BRIN Tahun Anggaran 2020

8.    Pelaporan

  • Laporan bulanan berisikan status pencapaian kerja selama 1 bulan dibandingkan dengan rencana detil pelaksanaan kegiatan dan hasil kerja selama waktu penugasan.
  • Laporan akhir tahun.

9.      Supervisi

   Pemberi kerja akan melakukan supervisi terhadap pelaksanaan pekerjaan konsultan dengan membandingkan antara ToR dan realisasi pelaksanaan.

Ketua PMO akan melakukan supervisi terhadap kualitas artikel yang diterbitkan.

Silakan unduh surat resmi pada tautan berikut: