Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor: 36/SP/HM/BKKP/III/2020

Jakarta – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) Bambang PS Brodjonegoro melaksanakan kunjungan kerja ke Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK) di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur pada Selasa (3/3).

Menristek/Kepala BRIN meninjau beberapa wahana yang dimiliki PP-IPTEK, antara lain wahana transportasi darat, wahana transportasi udara, wahana tesla coil, wahana ilusi, wahana optik serta beberapa wahana lainnya. Dalam sambutannya Menteri Bambang berharap PP-IPTEK dapat setara dengan science museum dan science center kelas dunia.

“Setiap negara yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, wajib mempunyai museum ilmu pengetahuan atau science center seperti PP-IPTEK saat ini. Tetapi tentunya harus terus di- update, karena ilmu pengetahuan itu dinamis. Rencananya tentu kita ingin agar PP-IPTEK ini nanti setara dengan science museum atau science center international, paling tidak science center yang ada di Asean,” ungkap Menteri Bambang.

Direktur PP-IPTEK, Mochammad Syachrial Annas menyampaikan tujuan kunjungan Menristek/Kepala BRIN untuk melihat langsung fasilitas dan informasi dari sumbernya. Beliau menambahkan PP-IPTEK setiap tahun melakukan perintisan science center di daerah, artinya tidak ada yang ditutup malah berkembang.

“Pak Menteri mendukung sekali atas rencana pendirian science center baru yang lebih bagus dan lebih besar, tetapi tetap dikelola oleh PP-IPTEK. Jadi kita ingin menjadi World Class Science Center itu ditahun 2025, untuk menuju itu tinggal kita benahi apa yang kita lakukan untuk masuk ke organisasi internasional baik di Asia Pasifik maupun di dunia agar kita tidak ketinggalan,” ungkap Syachrial Annas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur PP-IPTEK Mochammad Syachrial Annas, Direktur Umum TMII Taufik Sukasah, Kepala Divisi Operasi PP-IPTEK Setyo Purnomo, Kepala Divisi Administrasi PP-IPTEK Hemi Prasetyo.

Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN