Siaran Pers Kemenristek/BRIN
Nomor : 5/SP/HM/BKKP/I/2020

Bogor – Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Ka. BRIN) Bambang P. S. Brodjonegoro mengatakan bahwa Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) memberikan dukungan terhadap kegiatan riset dan inovasi yang dihasilkan Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui berbagai bentuk yang terkait dengan riset dasar melalui hibah bersaing dalam rangka mendorong riset yang sudah dikembangkan IPB agar dapat dihilirisasi dan dikembangkan sifatnya dari invensi menjadi inovasi.

“Dukungan dari Kemenristek/BRIN terhadap kegiatan riset dan inovasi yang dihasilkan oleh IPB sudah berlangsung cukup lama, dukungannya adalah melalui pendanaan atau hibah agar IPB bisa menggaet industri untuk mulai menghilirkan hasil-hasil dari riset terapan yang sudah dilakukan dan kemudian menyesuaikan dengan apa yang menjadi kebutuhan industri, serta diharapkan para ilmuwan (scientist) bisa mengembangkan berbagai cabang keilmuan sesuai dengan eksplorasi yang mereka kembangkan,” ujar Menteri Bambang saat menghadiri Upacara Orasi Ilmiah 3 Guru Besar IPB di Auditorium Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Kampus IPB Dramaga, Sabtu 11 Januari 2020.

Menteri Bambang berharap kedepan IPB yang memang mempunyai keunggulan dalam bidang pertanian yang produknya luar biasa banyak semakin bisa mengembangkan riset dasarnya dan juga bisa melakukan hilirisasi sampai akhirnya muncul dalam bentuk inovasi yaitu turunan atau nilai tambah dari keanekaragaman sumber daya hayati kita. 

Lebih lanjut Menteri Bambang menjelaskan sebagai salah satu institusi pendidikan yang usianya cukup panjang dan terkemuka di bidang pertanian, IPB sudah memberikan banyak kontribusi bagi pembangunan bangsa dan negara, khususnya tidak hanya di sektor pertanian yang memang menjadi keunggulan IPB, tetapi juga pengembangan dari sektor pertanian itu sendiri, baik dalam penciptaan nilai tambah dari produk pertanian maupun dari agroindustri yang saat ini menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia.

“Oleh karena itu, tentunya dengan memanfaatkan teknologi yang mutakhir dan temuan terkini dalam konteks revolusi industri 4.0, kami harapkan civitas akademika IPB khususnya para dosen, peneliti dan juga mahasiswa bisa terus mengembangkan sektor pertanian di Indonesia, sehingga tetap menjadi sektor yang memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekaligus mempunyai produktifitas yang tinggi dan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional,” jelas Menteri Bambang.

Turut hadir pada acara tersebut Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rektor Universitas Sebelas Maret Jamal Wiwoho, Rektor IPB Arif Satria, Rektor Universitas Negeri Semarang Fathur Rokhman, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, civitas akademika serta tamu undangan lainnya.


Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN