SIARAN PERS KEMENTERIAN RISET DAN TEKNOLOGI/BADAN RISET DAN INOVASI NASIONAL
Nomor : 131/SP/HM/BKKP/VIII/2020

Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) beserta jajaran Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) mendapat apresiasi tinggi dari Komisi VII DPR RI atas capaian kinerja keuangan Tahun 2019 yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2019 juga sudah diserahkan kepada Kemenristek/BRIN pada tanggal 11 Agustus lalu oleh BPK. Dalam hal ini Kemenristek/BRIN telah melakukan pemilahan LHP yang menjadi ranah Kemenristek/BRIN dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemudian Kemenristek/BRIN juga telah melakukan koordinasi dengan Kemendikbud terkait tindak lanjut LHP tahun 2019 tersebut.

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan rasa terima kasih atas apresiasi dan kepercayaan yang diberikan oleh Komisi VII DPR, utamanya untuk menjadi pemimpin dalam menyinergikan seluruh riset dan inovasi di Indonesia.

“Kami akan segera menindaklanjuti semua rekomendasi dari BPK dan memastikan pelaksanaan (program kegiatan) di lapangan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kepemerintahan yang berlaku,” ujarnya.

Pada Rapat Kerja yang digelar terbuka di Ruang Rapat Komisi VII DPR, Rabu (26/8), Komisi VII DPR meminta kepada Menristek/Kepala BRIN dan para Kepala LPNK yang terdiri dari BATAN, BAPETEN, BPPT, LAPAN, LIPI dan BIG, agar anggaran belanja di tahun-tahun berikutnya diupayakan agar terjadi peningkatan efektifitas hasil-hasil riset dan inovasi Indonesia secara terpadu, agar bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Dalam hal ini, Kemenristek/BRIN didorong untuk berperan aktif sebagai pemimpin (leader) dalam mengkoordinir seluruh kegiatan riset dan inovasi di Indonesia, khususnya di era pandemi Covid-19.

“Kita sangat ingin Kemenristek/BRIN dapat terus menghasilkan riset dan inovasi Merah Putih karya anak bangsa, yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan global, tapi memang tentu semuanya butuh waktu. Untuk itu kita (Komisi VII) akan terus mendorong hal ini,” ungkap Ketua Komisi VII DPR, Sugeng Suparwoto.

Turut hadir pada rapat kerja tersebut Plt. Sekretaris Kemenristek/Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito, Plt. Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan M.Dimyati, Plt.Inspektur Utama Yusrial, Kepala BPPT Hammam Riza, Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin, Kepala BATAN Anhar Riza Antariksawan, Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin, Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto, serta para pejabat Eselon I dan II Kemenristek/BRIN dan LPNK lainnya.

Biro Kerja Sama dan Komunikasi Publik
Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional