Tasikmalaya – Para pimpinan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) pusat menghadiri undangan peresmian Gedung Baru sekaligus Peninjauan Laboratorium Multimedia “Surala” dari Jepang, Pusat Kajian Keilmuan Pendas dan PAUD, serta Laboratorium Kewirausahaan dan Incubator “ CHIL –UPI” di Kampus Daerah (Kamda) UPI Tasikmalaya, Kamis (20/02/2020).

Dalam acara yang sangat meriah dan tentunya mengudang decak kagum dari pimpinan UPI, Direktur Kampus Tasikmalaya Dr Nandang Rusmana MPd menyampaikan rasa gembiranya kepada awak media. Acara tersebut terwujud berkat dukungan kebijakan strategis dari para pimpinan UPI mulai dari Rektor, Wakil Rektor Bidang KSDU, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Sistem Informasi, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan serta Wakil Rektor Bidang Riset Kemitraan dan Usaha. Juga dukungan dari para direktorat, seperti Direktorat Renbang, Keuangan, Sarana dan Prasarana, Kemahasiswaan, serta dukungan dari SPM, SAI juga para prodi dan seluruh sumber daya UPI yang bersama-sama membangun bahu membahu.

Ada beberapa inovasi yang disuguhkan oleh Kamda UPI Tasikmalaya ini, diantaranya Program CHIL-UPI yaitu program unggulan Kamda UPI Tasikmalaya yang berhubungan dengan pengembangan aplikasi digital terintegrasi dalam bidang kewirausahaan milenial. CHIL-UPI ini menyuguhkan sejumlah fitur dalam bidang inkubator bisnis digital, yang berisi Profil Alumni, digital magang mahasiswa dan program kreativitas lainnya yang telah memanfaatkan digital mobile. Demikian juga dengan program laboratorium Surala, dimana para siswa Labschool Kamda Tasikmalaya dapat belajar dengan nyaman dan menarik sambil berhadapan dengan pembelajaran Tutorial Digital, Games dan Simulasi yang menarik, walaupun yang dipelajari mata pelajaran Matematika.

Keunggulan lainnya dari hasil inovasi Kamda UPI Tasikmala ini adalah produk-produk UKM yang sangat variatif, seperti bidang pengolahan bahan pangan murah, makanan ringan khas Tasikmalaya, Kerajinan Tangan (handicraft) khas Tasikmalaya, dan program Payment Application Mobile mirip dengan Go-Pay untuk para mahasiswa dalam hubungannya dengan kebutuhan transportasi. Produk inovasi-inovasi lainnya telah dipertunjukkan kepada para pimpinan UPI oleh aktivitas guru-guru Labschool seperti tarian tradisional, seni musik angklung, dan juga pemanfaatan lingkungan untuk kegiatan olahraga siswa dan mahasiswa.

Pada dasarnya bahwa geliat pembangunan sistem pembelajaran serta pembangunan infrastruktur yang telah dicapai Kamda, dapat dijadikan indikator atas keberhasilan program renstra UPI sampai 2020 ini. Semoga Kamda sebagai “Satelit Kampus” dari Main Campus Bumi Siliwangi akan menjadi pemerkaya dan andalan di wilayah Priangan timur dalam mencerdaskan generasi yang akan datang khususnya mewujudkan Kampus Merdeka demi Merdeka Belajar.

sumber : http://berita.upi.edu/23494/